Peringatan Hari Koperasi Nasional 2019


Jumat  (12/07/2019). Dalam Rangka Peringatan Hari Koperasi Nasional 2019 yang dipusatkan di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Tema yang diusung dalam Harkopnas (Hari Koperasi Nasional) Tahun ini adalah “Reformasi Total Koperasi di era Revolusi Industri 4.0”, Dimana koperasi diharapkan memasuki era go digital, acara yang berlangsung di Purwokerto sudah dimulai sejak Rabu, (10/07/2019) yakni Jambore Koperasi Milenial yang di hadiri oleh pesarta dari seluruh indonesia yang bertempat di Bumi Perkemahan Baturaden. Kemudian pada hari kamis (11/07/2019) diselenggarakan dua seminar, yakni Seminar “Nasional Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”, di salah satu hotel berbintang di Kota Purwokerto.

Selain itu pada hari Jumat, (12/07/2019) Diselengarakan Pula Koperasi Expo di Kawasan GOR Satria Purwokerto dan Penyerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan bidang koperasi pada puncak peringatan Hari Koperasi ke-72 yang diselenggarakan di GOR Satria Purwokerto yang dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM Bintang Puspa Yoga, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, serta upacara peringatan yang dihadiri oleh Perwakilan koperasi seluruh indonesia.

Ketua Lokal Pelaksaan Puncak Hari Koperasi Muhammad Arsad Dalimunte mengatakan pemilihan Purwokerto, sebagai tempat puncak peringatan Hari Koperasi ke- 72. Karena Purwokerto sebagai kota lahirnya Koperasi, selain itu secara infrastruktur Purwokerto mendukung diselengarakan kegiatan yang menghadirkan ribuan orang dari berbagai wilayah di Indonesia. Sehinga diharapkan pada Peringatan Hari Koperasi ke- 72, Koperasi Indonesia semakin maju ditengah- tengah revolusi industry 4.0.

Sementara itu dalam Seminar Nasional Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0, ditandatangani kerjasama untuk mengembangkan 20 koperasi berbasis teknologi informatika dan komunikasi (TIK). “Harkopnas ekspo 2019 Banyumas diikuti oleh 2 kementerian , 25 Provinsi, dan 65 Kabupaten Kota, 10 BUMN, dengan total seluruh peserta 194 se-Indonesia,” ujar Pahlevi Pangerang. Harkopnas 2019 diharapkan dapat menjadi sarana berbagai macam produk hasil-hasil dari setiap kabupaten dan Provinsi.

Berita Terkait