World Cleanup Day, Dinkopumdag Brebes Gelar Aksi Pungut Sampah


Sabtu (21/9/2019), World Clean Up Day di Kabupaten Brebes diperingati dengan aksi bersih-bersih sampah serentak. Pemerintah Kabupaten Brebes ikut melaksanakan World cleanup Day 2019 diikuti semua Organisasi Pemerintah Dearah se Kabupaten Brebes secara Nasional. Segenap elemen masyarakat, termasuk Bupati Brebes turun ke jalan dan sungai-sungai untuk memungut sampah. Tidak ketinggalan Kantor Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Brebes juga menurunkan semua pegawai dan stafnya untuk ikut melakukan kegiatan bersih-bersih dipimpin langsung oleh Drs. Zaenudin, M.Si selaku Kepala Dinas Dinkopumdag Brebes. Pegawai dan staf Dinkopumdag Brebes melaksanakan aksi peduli dengan membersihkan sampah di lingkungan sekitar Pasar Induk Brebes dan sepanjang Jalan Jendral Sudirman. Dengan membawa karung dan peralatan kebersihan lainya, para peserta kegiatan ini berjalan kaki sambil memungut sampah.

Aksi pungut sampah diawali dengan pelaksanaan upacara dan deklarasi Perbup tentang pengelolaan sampah plastik berbasis masyarakat. Upacara digelar di pinggir jalan depan kantor KUA Brebes, Sabtu pagi, 21 September 2019.

"Acara ini dilakukan serentak mulai dari RT, RW, lingkungan sekolah, tempat kerja dan semua titik se Kabupaten Brebes," jelas Bupati Brebes, Idza Priyanti di sela-sela memungut sampah. Bupati Brebes berharap, dengan menggaungkan World Clean Up Day, maka kesadaran masyarakat akan tumbuh. Sehingga mereka akan membuang sampah pada tempatnya dan mengelola sampah, khususnya sampah plastik.

"Sampah plastik terurai sangat lama, untuk itu kepada masyarakat kita sosialisasikan, agar penggunaannya dikurangi dan sampah plastiknya dikelola dengan baik," jelas Idza. Aksi WCD ini merupakan aksi bersih-bersih terbesar di dunia yang dilakukan serentak di 157 negara, 34 Propinsi dan 23 juta relawan termasuk salah satunya di Kabupaten Brebes.

Berita Terkait